Selapanan

Kemarin Christa tepat berumur 35 hari yang berarti sesuai tradisi Jawa adalah waktunya mengadakan selapanan.

SAMSUNG
Selapanan adalah ulang weton pertama. Di penanggalan Jawa terdapat 5 macam weton yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon. Hari berjumlah 7 dan weton berjumlah 5 sehingga hari dengan weton yang sama akan berulang setiap 35 hari. Karena Christa lahir pada 4 Agustus yaitu Kamis Wage maka pada 8 September adalah ulang weton pertamanya. Nanti akan ada lagi perayaan Tedak Siti saat Christa berumur 7 selapan tapi dibahas ntar aja kali ya 😛


Sesuai tradisi ada beberapa hal yg dilakukan pada selapanan. Yang pertama adalah mencukur gundul rambut Christa. Katanya sih rambut bayi itu kotor dan membawa cairan ketuban. Juga digundul itu perlu supaya nanti rambutnya bagus. Klo buat gue simpel aja, Christa perlu potong rambut krn dia sering menarik2 sendiri rambutnya abis itu nangis krn kesakitan. Kasian 😦

Acara kedua adalah potong kuku bayi. Nah utk ini bunda sudah cukup terlatih krn udah bbrp kali potong kuku Christa. Ini juga perlu krn mukanya merah2 terkena cakar dia sendiri sehingga terpaksa kita pakein sarung tangan meskipun udah dilarang dokter.
Masih banyak pernak-pernik yg perlu diadakan dan dikerjakan dalam tradisi ritual ini. Kembang setaman, patung kecil, tumpeng weton, sayur 7 macam, bubur 7 rupa  dsb.  Sesaji ke ari2, doa terima kasih dan memohon ke leluhur dsb.

Dipikir-pikir, direnungkan dan coba ditelaah, rasanya ga sreg utk menyediakan dan melakukan itu semua so bukan berarti tdk menghormati tradisi kalo akhirnya gue putusin ga usah ngadain acara Selapanan ini. Mencukur gundul dan gunting kuku tetep ada dgn alesan gue seperti di atas. Ngedoain Christa juga kita lakukan meskipun tanpa menunggu 35 hari pun kita selalu berdoa utk Christa tiap waktu. Ga pake tumpeng, nanti diganti hari Minggu di Bogor dgn Roti Unyil 😆

4 thoughts on “Selapanan

  1. “Klo buat gue simpel aja, Christa perlu potong rambut krn dia sering menarik2 sendiri rambutnya abis itu nangis krn kesakitan.” <- terlalu aktif dan udah ketauan bibit jail bapaknya wkwkwkwkwk, atau bisa jadi dia kesel karena sering diisengin bapaknya, dan dia bilang sambil narik2 rambutnya "dohhhhh…bapak gw iseng banget sih neeeee, frustasi akuuu !!!" :))

    kecupssssss buat dedekkk, semoga semakin sehattt 😉

  2. huehehehe.. bapake emang suka usil jahil tp yg ini beneran si dede christa blom bs kontrol tangannya, tiba2 tangannya kekepala tus tarik rambutnya deh trus tiba2 nangis, dede gak bs lepasin rambut dr tangannya sendiri.. suka lucu sendiri liatnya soalnya dia nangis atas ulahnya sendiri 😀
    soal gunting kuku.. hmmmm.. ada rasa sensasi sendiri, deg2an, modal nekat guntingnya tp ati2 jg lha.. kukunya masih lembek banget kyk kertas.. pengalaman pertama gunting kuku anak yg mengesankan v(^o^)v

  3. Pingback: Gundul « Catatan Petani Kentang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s