Common Cold

Sejak beberapa waktu yg lalu Christa batuk pilek. Ga seperti sakit-sakit sebelumnya yg cuma berlangsung dalam itungan hari, kali ini udah lebih dari seminggu ga kunjung sembuh. Juga disertai dengan muntah2 di mana di sakit2 sebelumnya sama sekali ga pernah sampai muntah.

Akhirnya kita putuskan untuk ke seorang dokter senior (dilihat dari gelarnya yg berderet) dan Christa mendapatkan sebuah obat pilek. Jadi untuk sakit ini kami mempunyai 2 obat yaitu Breathy yg berfungsi sbg pembersih hidung yg kami dapatkan dari dokter jauh sebelumnya, dan kemudian dokter terakhir ini memberikan sebuah obat yg harus diteteskan di mulut.

Hampir seminggu berlalu dan ga juga kunjung sembuh, akhirnya kita putusken ke dokter favorit Christa yaitu dokter Endah.


Seperti yg sudah-sudah, berobat ke dr Endah selalu menyenangkan krn lebih ke konsultasi kesehatan bukan melulu dateng untuk minta obat (dan memang kita ga pernah pulang bawa obat)

coretan dr. endah

coretan dr. endah

Jadi coretan beliau di atas kurang lebih seperti ini. Mohon maaf kalo banyak salah krn udah banyak yg lupa 😀

Sakit pilek pada bayi secara garis besar bisa dikategorikan ke 2 penyebab yaitu alergi atau infeksi. Pada pilek karena alergi, hidung mampet atau bersin bisa terjadi hanya di pagi, hanya di siang atau hanya di pagi dan siang dalam artian hanya di waktu2 tertentu. Juga biasanya tidak diawali dengan panas atau demam. Bila pilek karena alergi maka satu2nya pengobatan adalah mencari penyebab alergi tersebut. Karena Christa sempat mengalami demam maka bisa diasumsikan dia pilek karena infeksi.

Pilek karena infeksi atau biasa disebut common cold atau juga dikenal dengan influenza tidak ada obatnya, hanya akan sembuh setelah daya tahan tubuh bangkit dan melawan pilek tersebut. Penelitian menyebutkan obat batuk dan pilek pada bayi cenderung tidak efektif di mana terbukti di kasus Christa yang pileknya tetep membandel meski telah minum obat. Untungnya pilek pada bayi ini biasanya tidak lama, sekitar 1 sampai 2 minggu. Lalu kenapa Christa bisa lebih dari 2 minggu? Karena ada kemungkinan itu bukan pilek yg dia derita dari awal. Bisa aja setelah seminggu dia beranjak sembuh tapi kemudian tertular lagi dari orang lain sehingga pilek kembali menyerang.

Sebagai orang tua kami dipesan untuk selalu mengenakan masker bila di dekat dia, mengkarantina Christa dalam artian jangan dulu diajak keluar rumah, dan sering2 cuci tangan. Untuk Christa, kami diminta untuk jangan terlalu dingin dalam mengatur temperatur AC, perbanyak minum, dan selalu membersihkan hidung Christa saat berlendir karena lendir itu sangat mengganggu dia. Bisa tetap menggunakan Breathy utk membersihkan hidungnya. Kalau memang hidungnya terganggu boleh disedot lendirnya tapi harus menggunakan alat atau pipet khusus jangan dengan mulut karena berpotensi menularkan penyakit baru ke dia.

Oke cukup segini sharing kali ini, mohon doanya agar Christa cepet sembuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s