Singapore 2017 – Day 1

astaga sudah 4 taon berlalu tanpa pernah update blog ini hehehe

ada banyak cerita terlewat, dari cerita christa masa kecil, mulai sekolah, pindah sekolah, jalan-jalan dan sebagainya, okai kita simpen aja semua cerita itu untuk update selanjutnya 🙂

dan mumpung masi inget dan anget di kepala, kali ini mau cerita tentang perjalanan ke singapore yang kami lakukan bulan ini memanfaatkan liburan waisak 2017. saya bukan penyuka tulisan panjang jadi cerita ini akan saya bagi ke beberapa tulisan.

pertama adalah saat persiapan, ga terlalu heboh karena kita emang ga bawa macem2. ga beli koper baru juga karena koper kita masih bisa dipakai meski rodanya udah mulai kurang nyaman, mungkin gara2 usia atau karena terlalu sering dinaekin christa.

kami akan banyak jalan kaki jadi perlu stroller untuk christa, buna nemuin yang bagus dan lucu namanya micro trike buatan swiss. sempet nyari di toped sudah banyak yang jual dengan harga sepertiga harga resminya, tampaknya bukan ori karena tampilan beda.
hunting2 dan nemu ada rental yg udah punya stroller ini so langsung putusin buat sewa aja btw kurir pengantarnya udah pake aplikasi sehingga saya dapet notifikasi saat barang mau dianter dan dapat di-track secara real-time lokasinya. penting? ga juga sih, keren aja 🙂
enak pake stroller ini, ringan dan bisa dilipet sehingga saat ga dipake saya ga kesulitan megang, kelemahannya hanya dia ga punya sandaran jadi ga bisa dipake buat tidur, untungnya christa menikmati perjalanan sehingga ga pernah ngantuk saat di stroller.

wraping micro trike

oke cukup tentang micro strike, kembali ke persiapan perjalalan. kami belun beli apa pun untuk bekal di perjalalan karena rencana baru akan beli di malam terakhir sebelum keberangkatan. akhirnya malah ga beli apa2 karena hari itu baru bisa jalan dari kantor jam 11 malem 😦

kami memilih menggunakan maskapai jetstar yang agak ramah di kantong, berangkat dari jakarta pukul 9.50 pagi pukul 12.40 tiba di terminal 1 changi.

setelah melakukan ritual menyirami bumi, ngisi bekal air minum, dan antri imigrasi, langsung menuju konter changi recommends untuk sewa mifi router dan beli beberapa tiket atraksi.
sebenernya di sini jakarta juga ada beberapa penyedia rental mifi seperti wi2fly, treepmore, passpod dan sebagainya. bahkan taon lalu waktu ke sydney saya pakai wi2fly. kenapa saya sekarang pilih pakai changi recommends, karena buat saya lebih nyaman bila kita ambil dan bisa tes router di lokasi perjalanan.
bila kita sewa dari jakarta dan ternyata saat sampe di negara tujuan mifi router itu bermasalah (saya baca beberapa orang mengalaminya) maka akan ada waktu terbuang untuk troubleshoot masalah itu.
lalu kenapa saya pilih sewa mifi router saat jalan keluar negeri? pertama, karena provider saya memasang harga cukup tinggi untuk paket data di luar negeri. kedua, biasanya cara untuk mengatasi masalah pertama adalah menggunakan sim card lokal dan saya bukan orang yang menikmati keribetan proses ganti nomer. ketiga, mifi router biasanya mempunyai baterai yang tahan seharian dan bisa digunakan bersama oleh satu keluarga. untuk sewa mifi router bisa langsung di sini tapi untuk amannya lebih baik reservasi beberapa hari sebelumnya via online.

beberapa lokasi wisata mempunyai lebih dari 1 atraksi, untuk atraksi utama saya beli tiket di changi recommends dan untuk atraksi tambahan akan kami beli di lokasi. atraksi utama adalah atraksi yang memang kami niatkan untuk datangi atau nikmati, atraksi tambahan adalah atraksi menarik di lokasi yang sama yang baru akan kami datangi kalo masih ada waktu.

setelah urusan di changi recommends selesai kami mencari makan siang, rencananya adalah makan siang hemat di staff canteen tapi sayang beribu sayang kami lagi tidak beruntung karena staff canteen terminal 1 sedang ditutup untuk renovasi, pilihannya kami bisa ke staff canteen terminal lain atau tetep cari makan di terminal 1 dan kami memilih tetep di terminal 1, simpen tenaga untuk jalan2.

kami menginap di grand mercure roxy. hotelnya bagus, kamarnya luas, air hangat dan internetnya stabil, menyatu dengan roxy plaza, bisa ke pantai di east coast park dan berada di kawasan katong jadi gampang cari makan. yang paling penting adalah hotel ini punya free shuttle bus dari changi jadi ngirit biaya transport hehehe
setelah taruh barang dan istirahat bentar kami langsung menuju ke tujuan pertama yaitu tempat makan 🙂 tepat di belakang hotel terdapat resto laksa yang terkenal yaitu 328 Katong Laksa . michelin guide emang tak pernah salah, enak laksa di sini tapi saran saya siapin perut karena kuahnya super pedas, sementara saran buna adalah periksa dulu kesegaran kerangnya 🙂

hotel ini lumayan jauh dari mrt station tapi kekurangan ini dibayar dengan adanya shelter bus tepat berada di depan hotel. untuk hari pertama jadwal kami adalah mengunjungi garden by the bay, mata buna langsung berbinar-binar laksana lampu led waktu baca tema taman itu masih tentang tulip. saya sih biasa aja soale emang ga ngerti tentang perbungaan hehehe.

garden by the bay (gbtb) ini merupakan taman kota dengan luas lebih dari 100 hektar, terdiri dari beberapa taman dan atraksi yang sebagian besar bisa dinikmati secara free dan sisanya harus bayar tiket. masi inget beberapa taon yang lalu daerah ini masih berupa dataran hijau hasil reklamasi, sekarang udah jadi keren gini.

pertama kami menikmati supertree grove, pohon-pohon raksasa setinggi 25-50 meter. christa tertarik dan mengajak ke children garden karena tampak ada mainan air di sana, sayangnya ga buka sampe malem sehingga ga kesampaian 😦

untuk lokasi gbtb ini atraksi utama kami adalah flower dome dan cloud forest sementara atraksi tambahan adalah ocbc skyway.
flower dome, amat sangat menarik dengan berbagai tanaman dan bunga yang ada. juga ada beberapa patung unyu. apalagi ribuan tulip yang menyambut.
cloud forest, pertama masuk disambut dengan air terjun buatan yang mengalirkan air deras nan dingin, christa sangat menyukainya. di sini kita akan diajak untuk menikmati hutan buatan setinggi 35-meter dan secara mengejutkan christa tidak takut berada di jalur setinggi itu.

christa sangat menikmati berada di gbtb, beberapa kali bilang ga mau pulang hehehe. tak terasa udah beberapa jam kami habiskan di dalam gbtb dan berimbas beberapa atraksi akhirnya terpaksa kami coret dari jadwal hari itu yaitu far east organization children’s garden, ocbc skyway dan marina barrage.

akhirnya christa cape (lari2 mulu sih) dan kelaperan. kami nyebrang jalan untuk cari makan di shoppes sebelum pulang ke hotel untuk istirahat. cukup sudah untuk hari pertama 🙂